Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Senin, 26 Desember 2011

Catatan Pengantar Tidur


Sejak manusia diciptakan hingga mencapai peradaban yang ada saat ini tentu bukanlah rentang waktu yang pendek. Bilangan ribuan bahkan jutaan tentu bukanlah waktu yang pendek jika angka tersebut digunakan untuk mengukur perjalan waktu umat manusia. Ada sesuatu yang tidak pernah memudar walaupun telah melintasi jarak, waktu dan zaman entah itu seribu, sejuta atau entah kapanpun tidak akan pernah memudar dan tidak akan punah tergilas zaman. Sesuatu yang kehadirannya begitu memikat setiap manusia, mengubah kegersangan dan menumbuhkan bunga-bunga keindahan. Sesuatu yang kedatangannya menghamparkan perasaan sejuk dan damai. Sesuatu yang kehadirannya menebarkan aroma keindahan dan kesegaran. Sesuatu yang kedatangannya meniupkan roh kebahagiaan yang tidak terlukiskan. Sesuatu itu adalah cinta.

Kita tidak bisa membayangkan kehidupan dunia ketika cinta tidak ada didunia ini, betapa hambarnya jalinan persaudaraan ketika tidak disertai cinta. Ketika kehidupan dunia tanpa cinta, terlahir di dunia mungkin adalah sebuah kutukan. Tidak heran kalau banyak orang yang merangkak menuju kesuksesan karena cinta yang mereka miliki. Saat cinta menyapa maka saat itu juga sirna kata susah, semua rasanya seolah penuh dengan keindahan. Cinta meminjam ungkapan dari kahlil gibran seperti mereguk secawan anggur yang melenyapkan dahaga. Cintalah yang membuat indah kehidupan dan kehadirannya sungguh memerangkap siapapun. Sang penyair besar Rumi adalah sosok pengagum cinta dimana ia pernah mengatakan bahwa manakala engkau melihat cinta dalam dirimu, tambalah ia supaya ia bertambah...karena yang bertambah cintanya tidak akan pernah menyesal. 

Dalam catatan ini saya tidak menulis cinta dalam artian sempit yang hanya memandang cinta pada pada sebatas jalinan kasih antara pria dan wanita karena menulis cinta secara dangkal hanya akan menodai keagungan cinta itu sendiri. Tapi catatan ini melihat cinta dari perspektif yang luas baik dalam dunia kerja, pergaulan, dunia bisnis dan lain sebagainya.

Saya melihat ada pergeseran paradigma dalam strata sosial saat ini, tidak sedikit para penulis hebat saat ini menganjurkan cara hidup yang tidak berorientasi lagi pada materi. Pada era sebelumnya kita dituntut bahkan motifasi kita dalam mengejar sesuatu selalu dinilai dengan materi. Tidak heran kalau maslow seorang psikolog yang menulis dalam bukunya bahwa manusia dalam mengejar sesuatu dimotifasi nafsu sex dan uang. Namun saat ini sepertinya terjadi pergeseran cara memandang proses pencapaian tujuan. Saat ini banyak penulis yang memasukan unsur cinta dalam pencapaian tujuan, persoalan uang dan sex yang dalam pemikiran maslow adalah unsur utama tapi bagi para pemikir lain itu hanyalah merupakan efek samping saja bukan merupakan tujuan.

Mengenai kajian bagaimana penerapan cinta dalam dunia kerja, sangat jelas dijabarkan oleh la ode masihu kamaludian dalam sebuah bukunya dimana fokus utama kajian dalam bukunya adalah mengkhususkan pada cepat kaya diusia muda hanya bermodal cinta. Pembahasan yang dituturkan cukup bening, tajam dan mengena dengan fakta sosial saat ini. Apa yang dibahas oleh masihu ini sepintas mirip dengan apa yang di kaji oleh maxwel, keduanya memasukan unsur cinta sebagai tool utama dalam membahas pencapaian sebuah tujuan. Kedua penulis ini menekankan akan pentingnya cinta, malah cinta adalah modal penting dalam melakukan sesuatu pekerjaan. Pentingnya cinta ini juga pernah ditulis oleh Penulis buku don’t sweet the small stuf, Richard Calson menulis, tujuan hidup ini bukanlah untuk menyelesaikan semua tugas, tapi untuk menikmati setiap langkah dalam perjalanan hidup dan merasakan hidup yang penuh dengan cinta dan kasih sayang.

Merasakan hidup yang penuh dengan cinta dan kasih sayang mempunyai makna bahwa dalam mengerjakan sesuatu kita harus menerapkan pola pikir yang benar, keinginan yang kuat dan semangat pantang menyerah. Saya sangat yakin ketika seseorang melakukan apa yang dia kerjakan karena didasari oleh cinta, tidak ada sedikitpun lelah yang mereka rasakan. Semua kesulitan akan dilalui dengan senyum dan tidak ada sedikitpun jenuh, penyesalan maupun rutukan kebosanan. Dalam bukunya The Wealth of Nations, Adam Smith menuturkan bahwa: “…..kita tidak hidup dari belas kasih penjual roti……….melainkan karena kecintaaan penjual roti tersebut kepada dirinya sendiri…..”. Maksud pernyataan tersebut adalah penjual roti memproduksi roti-roti yang mereka jual bukanlah karena kasih sayangnya kepada kita melainkan karena kecintaan penjual roti tersebut kepada dirinya sendiri agar dia bisa memenuhi kebutuhan dirinya yang lain dari imbalan atas roti yang dijual kepada kita. Tapi kalau diteliti lebih dalam lagi, dengan kecintaan pada dirinya sendiri sekaligus mendorong penjual roti tersebut untuk memberikan perhatian kepada para pembeli rotinya, yaitu dengan memproduksi roti-roti yang bermanfaat serta memuaskan para pembelinya agar roti buatannya selalu dibeli. Orang yang mengalami stres dalam pekerjaan sebenarnya adalah mereka yang bekerja bukan karena didasari oleh cinta, tapi mereka melakukan pekerjaan karena pengejara atas nilai materi semata.

Memasukan unsur cinta dalam melakukan setiap pekerjaan adalah seperti sebuah nafas panjang yang akan membuat semangat dalam melakukan setiap pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan. Dan ketika kita telah melakukan pekerjaan dengan cinta maka imbalan yang didapat bukan hanya dari materi tapi didapatkan dari keduanya. Merujuk pada hukum positif, maka sesuatu yang baik akan berbalas dengan kebaikan pula. Mungkin karena persoalan ini hingga sekarang banyak toko-toko besar yang dalam memasarkan produknya tidak lagi mengutamakan kulaitas produk yang mereka jual, begitu juga dengan bisnis jasa mereka sudah menerapkan unsur cinta dalam memberikan pelayanan. Sebuah perusahan maskapai penerbangan terbesar di amerika menganjarkan kepekaan cinta pegawainya sehingga mereka sudah memahami keinginan pelanggan dan sebelum pelanggan mereka menyebutkan keinginan mereka para pegawai sudah menawarkan apa yang mereka inginkan.




"Cinta adalah sebuah karya dalam dunia yang kecil,
bersembunyi dengan manis disetiap hati manusia,
akan menyerbak dengan harum
ketika sentuhan kecil itu menyentuh hati tanpa ragu,
sehingga kamu lupa kapan kamu pernah mencintai seseorang."



Malang, 26 Desember 2011