Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Selasa, 13 September 2011

Buku Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara



Cukup banyak hal yang bisa menjadi patokan kita dalam melihat kesalahan yang dibuat oleh para pembuat kebijakan dalam hal perumusan kebijakan. Dalam beberapa literatur menyebutkan bahwa banyak kebijakan yang dibuat bukannya menjadi sebuah solusi, tapi itu malah menjadi masalah baru. Adanya kesalahan ini bisa dilihat dari beberapa perspektif, dimana salah satunya adalah bahwa sebuah kebijakan akan menjadi salah ketika kita salah dalam merumuskan kebijakan tersebut. Dan proses perumusan kebijakan akan lebih fatal ketika para pembuat kebijakan ini tidak memahami prinsip-prinsip dalam proses perumusan kebijakan. Tidak pahamnya para pemuat kebijakan dalam hal perumusan kebijakan ini akan membiaskan kebijakan yang telah dirumuskan. 

Dalam sebuah bukunya yang berjudul Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara, Prof irfan Islamy mencoba mencerahkan kegelapan pemikiran kita akibat ketidak tahuan kita dalam memahami prosedur dan langkah dalam perumusan kebijakan. Setiap bab seolah membuka  sumbatan kebuntuan pemikiran kita dalam hal memahami prinsip dalam pembuatan kebijakan. Dengan memahami prinsip dalam perumusan kebijakan ini, akan membuat kebijakan-kebijakan yang dirumuskan akan benar-benar bisa menjadi solusi atau untuk menyelesaikan persoalan-persoalan sosial. 

Dalam buku ini membeberkan akan pentingnya proses perumusan kebijaksanaan. Sehingga banyak para ahli administrasi negara telah meletakan fungsi perumusan kebijaksanaan negara ini sebagai bagian yang sama pentingnya dengan fungsi pelaksanaan kebijaksanaan negara. Nocholas Henry mengungkapkan bahwa pada bagian yang penting di abad kedua puluh ini, birokrasi pemerintah telah menjadi ajang perumusan kebijaksanaan negara dan penentu utama kemana negeri ini akan menuju. Merujuk pada pemikiran Henry diatas maka sebuah kesimpulan yang bisa kita ambil adalah bahwa seperti apa sebuah negara dan akan dibawah kemana sebuah negara sangat di tentukan oleh kebijakan yang dirumuskan.

Ketika tujuan negara erat kaitannya dengan kebijakan yang dirumuskan. Sudah seharusnya para pembuat kebijakan dalam hal ini birokrat maupun politisi harus benar-benar memahami apa yang menjadi prinsip utama dalam perumusan kebijaksanaan negara, sehingga dalam merumuskan setiap kebijakannya akan membawa negara pada tujuan yang di inginkan oleh semua pihak. Karena itu menjadikan buku ini sebagai kompas pengetahuan dalam perumusan kebijakan adalah sesuatu yang tidak berlebihan, mengingat tahap demi tahap dalam buku prinsip-prinsip kebijaksanaan negara ini disusun secara sistematis. Dengan sitematika yang teratur ini akan lebih memudahkan pikiran kita dalam memahami dan mengkaji apa yang menjadi topik dalam buku ini. Membaca buku ini akan memperkaya khasanah berpikir dan pemahaman kita dalam hal perumusan kebijakan, selain itu buku ini juga merupakan sebuah warisan pengetahuan yang bermanfaat buat generasi penerus bangsa. 


Buku ini ditulis oleh : Prof. Dr, M. Irfan Islamy, M.P.A.
Penerbit: PT. Bumi Aksara, Jakarta
Cetakan keempat belas, Juni 2007.


Malang, 13 September 2011