Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Jumat, 08 Oktober 2010

Mengukir Kisah Yang Melegenda



Pada umumnya kita butuh waktu yang panjang untuk mengukir kisah yang menyejarah dalam hidup ini, padahal banyak  kisah abadi justeru tercipta bukan dari panjangnya rentang waktu yang kita lalui karena banyak kisah yang membekas dalam ingatan kita justeru tercipta dari waktu yang cukup singkat bahkan tidak terduga dan tidak melalui proses perencanaan sebelumnya. Segalanya berjalan secara alami namun bukan berarti memasrahkan diri pada kehidupan dan membiarkan kehidupan melukis kehidupan kita tapi bagaimana kita melukis kisah kehidupan kita sendiri pada kanvas kehidupan ini agar hidup kita tidak dipermainkan oleh kehidupan. 

Kisah kehidupan yang menyejarah tidak ditentukan seberapa banyak warna yang kita torehkan tapi sangat di tentukan oleh seberapa kuat kesan yang ditimbulkannya. Kesan yang kuat akan memantik pijaran semangat bagi seseorang untuk melukis kisah hidupnya dengan aneka warna kehidupan agar kisahnya melekat kuat dan abadi dalam kehidupan ini hingga disuatu saat nanti menjadi rekam jejak bagi generasi berikutnya untuk menelusuri kehidupan masa silam seseorang. Kita tidak mungkin bisa hidup abadi tapi kita bisa membuat kisah kehidupan kita yang melegenda hingga bisa bertahan sampai ratusan tahun.

Bisa jadi kisah yang kita lukis adalah sesuatu yang hambar dan menyakitkan bagi kita tapi bagi orang lain itu adalah sebuah pelajaran hidup yang sangat bermanfaat. Manfaat sebuah kisah tidak ditentukan oleh siapa yang melukisnya karena orang akan mempertanyakan siapa pelukisnya setelah melihat hasil dari lukisan seseorang. Dan kita semua adalah pelukis-pelukis hebat yang hadir di dunia untuk memberi warna dan kesan indah pada kehidupan ini sesuai dengan karakter yang masing-masing. 

Bagi saya kisah dalam kehidupan ini adalah suar  pengetahuan yang akan menuntun kita dalam mengarungi samudra kehidupan yang penuh dengan karang yang setiap saat mengintai untuk mengkandaskan perahu kehidupan yang kita nahkodai. Tidak sedikit orang yang berhasil mengokohkan hidupnya pada puncak dimana ia di sebut sukses karena belajar dari kisah orang lain. Dan setiap kita memiliki umur yang terbatas dan begitu terbatasnya waktu yang kita miliki, sehingga kita tidak akan mungkin bisa hidup seribu tahun untuk mengambil nilai yang kita ukir dalam kisah kehidupan kita sendiri sehingga mengoleksi nilai dari kisah orang lain akan menjadi bekal buat kita untuk berpikir dan merencanakan seribu tahun ke depan.


Gang V/250 (08-10-10)
Saat Lelah cari kost