Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Minggu, 09 Agustus 2020

TPP Kabupaten Buton Utara Fasilitasi RKP di Desa Lapero

 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buton Utara bersama dengan TAPM Kabupaten Buton Utara telah menyepakati rencana kerja tindak lanjut terkait dengan perencanaan pembangunan untuk tahun 2021. Dengan adanya rencana kerja tindak lanjut tersebut maka pemerintah Desa memiliki panduan tahapan dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan Desa. Tahapan perencanaan pembangunan Desa dimulai dari Bulan Juli 2020. Dan saat ini sudah cukup banyak Desa yang sudah melakukan rencana kerja pembangunan Desa seKabupaten Buton Utara. Dan untuk Desa se Kecamatan Kulisusu Barat tuntas pada hari Rabu tanggal 13 Juni 2020.

Minggu 9 September 2020, Pemerintah Desa Lapero melaksanakan perencanaan kegiatan pembangunan Desa. Musyawarah perencanaan kegiatan pembangunan Desa turut di hadiri oleh TAPM Kabupaten Buton Utara, Pemerintah Kecamatan Kulisusu Barat, Pemerintah Desa Lapero bersama dengan masyarakat Desa Lapero. Kegiatan rencana kerja pembangunan di Desa Lapero merupakan Desa yang ke sembilan di Kecamatan Kulisusu Barat yang melaksanakan kegiatan RKP.

Camat Kulisusu Barat dalam sambutannya menginginkan masyarakat untuk hadir dan ikut berpartisipasi dalam perencanaan. Semua elemen masyarakat boleh hadir memberikan gagasan terkait pembangunan. Dalam konteks RKP, masyarakat memiliki kuasa untuk memberikan gagasan dalam pembangunan. Forum Rencana Kerja Pembangunan merupakan forum bagi masyarakat untuk memberikan gagasan terkait dengan pembangunan Desa.  Jadi tidak ada alasan bagi pemerintah untuk tidak melibatkan masyarakat dalam pembangunan.


Kepala Desa Lapero memberikan garansi bagi masyarakat Desa Lapero bahwa program kegiatan tahun lalu yang tidak terdanai akan dimasukan sebagai program prioritas untuk tahun 2021. Lebih lanjut beliau berharap bahwa rencana kerja pembangunan yang dilaksanakan bisa membawa perubahan bagi Desa Lapero. Kepala Desa Lapero memberikan apresiasi atas kehadiran TPP Kabupaten Buton Utara di Desa Lapero dalam rangka pelaksanaan musyawarah perencanaan yang dirangkaikan dengan penyaluran BLT DD triwulan 2.

 

 

Lapero, 09 Agustus 2020