Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Rabu, 16 September 2020

Desa Linsowu Tuntas Penyaluran DD Triwulan II


Proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa triwulan dua periode Juli sampai September akan berakhir pada 30 September bulan ini. Saat ini sisa beberapa Desa yang belum menyalurkan Dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa namun rencananya akan selesai salur pada akhir september bulan ini. Harapan Pemerintah Pusat, penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa akan Tuntas di Bulan September. Dana ada agenda pemerintah Pusat untuk memperpanjang Bantuan Langsung Tunai Dana Desa sampai pada Desember 2020.

Penyaluran BLT-DD Desa Linsowu dilaksanakan pada hari Rabu tanggal  16 September 2020. Keluarga penerima manfaat Bantuan Langsung Dana Desa mengalami penambahan setiap bulan. Untuk bulan Juli sebanyak 122 KPM, Agustus sebanyak 125 KPM, September sebanyak 127 KPM. Shingga total dana yg diberikan kepada warga miskin desa Linsowu sebesar Rp 112.200.000,- Perbedaan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dari bulan Juli sampai bulan September  karena adanya masyarakat yang berdomisili baru dan yang pindah ke daerah lain. Setelah di lakukan verifikasi penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, ternyata ada 2 orang yang pindah ke daerah lain dan ada keluarga yang menjadi pindahan dan berdomisili di Desa Linsowu pada bulan september jadi ada penambahan 2 KK, demikian penjelasan dari Kade Linsowu Bapak Suhardin.

Melalui penerimaan BLT-DD masyarakat miskin yg terdampak covid-19 di desa Linsowu sangat merasakan langsung manfaatnya. Sebagai daerah yang masyarakatnya sebagian besar menggantungkan hidup mereka pada pertanian dan nelayan, masyarakat Desa Linsowu sangat merasakan dampak dari covid 19. Dengan adanya bantuan covid 19 meski saat ini hanya Rp. 300.000 perbulan tapi masyarakat sangat terbantu. Lebih lanjut Kepala Desa Linsowu berpesan kepada masyarakat agar dimanfaatkan dana bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Hal yg sama disampaikan pendamping desa pemberdayaan Bapak Umardin yang menyatakan bahwa penyaluran BLT-DD ini sangat dirasakan bagi masyarakat penerima maupun secara umum dalam perputaran roda ekonomi desa, lebih-lebih kaum perempuan/ibu-ibu  yang berpenghasilan rendah dan berperan sebagai pencari nafkah atau istilah lainnya perempuan kepala keluarga yang bertanggungjawab mencari nafkah untuk keluarga. Pernyataan warga bahwa BLT dana desa sangat dibutuhkan masyarakat untuk menopang kehidupan sehari-hari.




Umardin 
Linsowu 16 September 2020