Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Sabtu, 03 Oktober 2020

Desa Lanosangia Pasang Jaringan Internet

Kecamatan Kulisusu utara berada di ujung utara pulau buton. Kecamatan Kulisusu Utara memiliki Desa sebanyak 14 Desa. Dari total 14 Desa, yang memiliki jaringat internet sebanyak 6 Desa yaitu Desa Eerinere, Ulunambo, Wamboule, Waode Buri, Lelamo dan Desa Labelete. Sekitar 8 Desa belum ada jaringan internet. Inti tentu sangat berpengaruh dengan pelaksanaan pemerintahan Desa apalagi saat ini cukup banyak aplikasi yang digunakan yang berbasis internet dalam menjalankan roda pemerintahan.

Desa Lanosangia Kecamatan Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara merupakan salah satu Desa dari delapan Desa di Kecamatan Kulisusu Utara yang belum memiliki jaringan internet.  Hal ini tentu menjadi kendala dalam penginputan data berbasis internet seperti Siskeudes dan lain sebagainya. Keterbatasan ini tentu menjadi kendala tersendiri bagi Desa. Keterbatasan yang dimaksud adalah tidak tersedianya jaringan telekomunikasi. Jangankan untuk internet, untuk berkomunikasi lewat jaringan seluler 2G, 3G, sangat sulit apalagi jaringan 4G. Tidak bisa dipungkiri bahwa jaringan internet saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat tidak hanya masyarakat perkotaan tetapi juga oleh masyarakat pedesaan.

Keterbatasan akan jaringan internet, kemudian pemerintah Desa mencoba untuk keluar dari permasalahan mereka terkait jaringan internet. Pemerintah Desa Lanosangia mencoba untuk berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Kabupaten Buton Utara terkait pemasangan jaringan internet. Sebagai tindak lanjut dari hasil koordinasi antara pemerintah Desa Lanosangia dengan Dinas Kominfo Kabupaten Buton Utara, pada sore Kamis tanggal 1 Oktober 2020, Tim teknis yang berjumlah 2 orang melakukan pemasangan jaringan internet di Desa Lanosangia.

Pemerintah Desa Lanosangia berharap bahwa nantinya Internet ini, bisa digunakan sebagai sarana penunjang segala aktivitas warga maupun Pemerintah Desa untuk menjadikan Desa Lanosangia jauh lebih maju lagi dan bisa terkoneksi dengan dunia luar untuk sharing informasi atau komunikasi yang mempermudah akses Desa. Apa lagi saat ini sistem pembelajaran sudah berbasis online, dengan adanya jaringan internet masyarakat bisa belajar online dan bisa mengakses informasi.

 

Lanosangia

03 Oktober 2020