Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Kamis, 15 Oktober 2020

P3MD Butur Laksanakan Rakor Periode Oktober



P3MD Kabupaten Buton Utara melaksanakan rapat koordinasi periode Oktober. Rapat koordinasi tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara pada Rabu 14 Oktober 2020. Rapat koordinasi tersebut membahas terkait pelaksanaan tugas-tugas pendampingan serta permasalahan yang muncul dilapangan dalam melaksanakan tugas dan fungsi-fungsi pendampingan. Selain itu dalam rapat koordinasi tersebut dilakukan evaluasi rencana kerja tindak lanjut yang dilaksanakan periode sebelumnya. Evaluasi tersebut dilakukan guna mengetahui letak persoalan sampai tidak terlaksananya kegiatan yang dilaksanakan.

Dalam rencana kerja tindak lanjut yang dievaluasi antara lain terkait dengan kesiapan pelaksanaan penyaluran bantuan langsung tunai Dana Desa triwulan III periode Oktober sampai Desember 2020, melaksanakan evaluasi tahapan perencanaan tahun 2021, pelaksanaan kegiatan sapras dan non sapras. Pada kegiatan rapat kordinasi tersebut lebih menekankan pada kesiapan Desa dalam penyaluran bantuan langsung tunai dana Desa dan tahapan pelaksanaan perencanaan tahun 2021.

Kepala Bidang Usaha Ekonomi Desa, Teknologi tepat Guna dan Sumber Daya Alam Desa dalam materinya lebih menekankan pada revitaslisasi BUMDes. Beliau berharap pendamping Desa melakukan pendampingan terhadap BUMDes, melakukan identifikasi permasalahan pada BUMDes sehingga bisa dilakukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang ada di BUMDes. Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buton Utara lebih menekankan pada kerja sama antara Dinas dan P3MD Butur yang telah terjalin selama ini terus dipertahankan agar pelaksanaan pembangunan Desa bisa berjalan dengan baik.

Dalam rapat koordinasi tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Buton Utara. Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Buton Utara menekankan pada pendampingan terhadap beberapa Desa yang belum menyampaikan laporan LPJ tahap II. Selain menekankan pendampingan terhadap laporan LPJ tahap II juga menekankan kepada pendamping agar mendampingi beberapa Desa yang menjadi sampel pemeriksaan BPKP.

Akhir kegiatan rapat koordinasi tersebut Tenaga Pendamping Profesional kabupaten Buton Utara disemua tingkatan membahas rencana tindak lanjut sebagai dasar untuk melakukan tugas-tugas pendampingan selanjutnya.

 

 

Sara’ea, 14 Oktober 2020