Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Selasa, 06 Oktober 2020

Meriahkan Hari Batik Nasional, P3MD Butur Terbangkan 17 Layang-Layang Batik di Bukit Lamoliandu


P3MD Kabupaten Buton Utara turut serta dalam kegiatan gelar layang-layang batik yang dilaksanakan oleh Kementrian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi. Kegiatan ini dalam rangka merayakan hari batik nasional. Pada kegiatan gelar layang-layang batik dilakukan di 33 Provinsi, 297 Kabupaten/Kota, 315 Tim 6.615 Partisipan dan 3.500 layang-layang batik. Kegiatan gelar layang-layang batik yang dilaksanakan secara serentak diseluruh indonesia disiarkan secara daring ditempat terbanyak.

Kegiatan ini mejadi rekor dalam menerbangkan layang-layang terbanyak dan dilakukan secara daring hampir semua Kabupaten se Indonesia. Untuk provinsi Sulawesi Tenggara dilakukan oleh semua Kabupaten seSulawesi Tenggara. Minimal Kabupaten yang ikut kegiatan gebyar layang-layang batik Desa sesultra mengikut sertakan 1 tim layang-layang. Kabupaten Buton Utara menyertakan 2 tim layang-layang pada kegiatan gebyar  layang-layang batik Desa yang diselenggarakan oleh Kementrian Desa PDTT. 1 tim terdiri atas 10 orang jadi total yang ikut dalam kegiatan gebyar layang-layang batik Desa sebanyak 20 orang dari 2 tim yang dibentuk.

Pelaksanaan kegiatan Gebyar layang-layang batik Desa dipusatkan di Bukit Lamoliandu Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Bukit Lamoliandu menjadi pusat pelaksanaan gelar layang-layang batik karena Bukit Lamoliandu posisinya di ketinggian dan angin yang bertiup juga cukup bagus sehingga pada pelaksanaan fesifal gelar layang-layang batik tidak ada masalah. Kegiatan festifal layang-layang batik dilaksanakan secara serentak pada hari selasa 6 Oktober 2020 mulai pukul 14.00 WIB sampai selesai.

Total jumlah layang-layang yang diterbangkan pada acara gebyar layang-layang batik lebih kurang 17 layang-layang batik.  Ke 17 Layang-layang batik tersebut memiliki banyak model, mulai dari model burung, ikan dan layang-layang model klasik yang merupakan khas Buton Utara.

Dalam acara gebyar layang-layang batik tersebut di ikuti oleh semua Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Buton Utara. Semua Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Kulisusu dan Kulisusu Utara, PDTI Kecamatan Kulisusu dan Kulisusu Utara, semua Pendamping Lokal Desa Kecamatan Kulisusu Barat, PLD Kec. Bonegunu, PLD Kec. Kulisusu dan Pld Kecamatan Kulisusu Utara.  

 

Wasalabose, 6 Oktober 2020