Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Kamis, 15 Oktober 2020

Pemerintah Desa Mekar Jaya Musdes Penetapan Prioritas Usulan RKPDes Tahun 2021


Pemerintah desa Mekar Jaya Kecamatan Kulisusu Barat melaksanakan Musdes Penetapan Prioritas Usulan RKPDes tahun 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis 15 Oktober 2020 bertempat di balai desa Mekar Jaya yang di hadiri oleh Camat Kulisusu Barat, jajaran pemerintah desa Mekar Jaya, BPD, Pendamping Desa Pemberdayaan, Pendamping Lokal Desa, serta unsure masyarakat. Dalam sambutannya Kades Mekar Jaya Hasmina Hazlin menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan musdes perencanaan penyusunan RKP 2021 yang melibatkan masyarakat mulai dari tingkat dusun kemudian usulan –usulan di rekap dan di kaji oleh Tim penyusun hingga semua usulan rampung dan saat ini kita akan menentukan usulan yang sangat prioritas tentunya yang menyangkut kepentingan umum yang harus kita dahulukan.  Pemerintah desa tahun ini akan mempogramkan kegiatan Pertamina desa (Pertades) yang akan di kelola oleh BUmdes, dimana program ini selaras dengan Permendes No 13 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021 sehingga kami berharap dukungan dari semua pihak untuk bisa merealisasikan kegiatan tersebut sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan pendaptan asli desa. Tim penyusun sudah melakukan kajian tentang hal ini bahkan menemptkan sebagai kegiatan prioritas  untuk tahun 2021 dengan estimasi anggaran 40% dari total dana desa akan dialokasikan untuk penyertaan modal Bumdes dalam rangka mendukung Pertades sambungnya.

Camat kulisusu barat La ode Hazimuddin yang di daulat membuka acara dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan hari ini sangat penting untuk di hadiri oleh masyarakat karena akan menentukan program atau kegiatan yang akan di danai dalam APBDes tahun 2021 sehingga saran dan masukan bapak ibu semua sangat kami butuhkan untuk perbaikan pembangunan desa, mari kita jaga semangat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan pembangunan desa.


Dalam pemaparan sekdes (Muhamad Nurudin) selaku ketua tim penyusun RKPdes 2021 menjelaskan beberapa program yang sudah di rencanakan tahun 2020 namun kegiatan tersebut di tunda pelaksanaan akibat relokasi anggran untuk Covid dan Bantuan Langsung Tunai maka kegiatan tersebut tetap masuk dalam prioritas usulan tahun 2021, dan kegiatan- kegiatan wajib seperti Honor Guru paud, kader –kader desa dan lain lain. Dalam proses musyawarah salah satu tokoh masyarakat (Ahmad Subandi) mengungkapkan pada dasarnya kami selaku masyarakat  sangat setuju dengan program pemerintah desa dan  apa yang sudah di hasilkan oleh tim penyusun karena mereka sudah bekerja maksimal merumuskan kegiatan prioritas yang sudah menjawab kebutuhan masrakat. Intinya kami setuju dan di amini oleh semua peserta.

 

Abdul Haris

Mekar Jaya, 15 Oktober 2020