Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Senin, 19 Oktober 2020

Musdes Penetapan Prioritas Usulan Masyarakat seKecamatan Kulisusu Barat Tuntas


Pemerintah desa Marga karya bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menggelar musyawarah desa penetapan prioritas usulan RKP untuk tahun anggaran 2021. Kegiatan tersebut di laksanakan pada hari senin 19 Oktober 2020 yang di hadiri oleh camat Kulisusu Barat beserta staf, jajaran pemerintah desa, BPD, kordinator P3MD
Kabupaten Buton Utara, Pendamping desa pemberdayaan, PLD serta unsur masyarakat. Dalam sambutannya PJ kades Marga Karya Zulkarnaim mengatakan bahwa kegiatan musdes hari ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya dimana penggalian gagasan untuk perencanaan tahun 2021 dilaksanakan sesuai dengan kebiasaan sebelumnya yaitu dilakukan melalui musyawarah tingkat dusun, kemudian usulan-usulan yang ada di rekap oleh tim penyusun sehingga menjadi usulan desa dan akan kita sepakati,  usulan-usulan yang paling prioritas melalui musdes tuturnya.

Camat Kulisusu Barat La Ode Hazimuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan musdes penetapan prioritas usulan menjadi tahapan yang sangat urgen bagi masyarakat, untuk berdiskusi terkait kegiatan atau program yang akan di anggarkan dalam APBDes tahun 2021, sehingga kami selaku pemerintah kecamatan bersama pendamping mengagendakan jadwal selama seminggu untuk hadir di semua desa Se kecamatan Kulisusu Barat. Kehadiran kami untuk memfasilitasi dan  memastikan kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2021 harus benar- benar terlahir dari aspirasi masyarakat melalui forum musdes, tidak ada unsur intimidasi ataupun intervensi terkait keputusan musdes tuturnya.

Dalam sesi diskusi yang di pandu oleh sekdes selaku ketua tim penyusun, mempresentasikan usulan-usulan warga yang terlahir dari setiap dusun, kemudian di lakukan perengkingan dari setiap usulan untuk mendapatkan usulan yang paling priotitas. Berdasarkan hasil musyawarah di sepakati beberapa usulan prioritas untuk bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Penetapan prioritas usulan RKP untuk tahun anggaran 2021 yang diselenggarakan oleh pemerintah Desa Marga Karya merupakan yang terakhir untuk Kecamatan Kulisusu Barat. 13 Desa sebelumnya telah tuntas melaksanakan musyawarah Desa penetapan prioritas RKP.  Musdes penetapan prioritas RKP tahun 2021 di agendakan oleh Camat Kulisusu Barat bersama Pendamping lokal Desa sejak tanggal 13 Oktober 2020 dan tuntas tanggal 19 Oktober 2020.

 

Abdul haris

Marga Karya, 19 Oktober 2020