Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Kamis, 09 Juli 2020

BLT DD Ringankan Beban Masyarakat Desa Ulunambo Masa Pandemic


Selasa 7 Juli 2020, bertempat di gedung olahraga Desa Ulunambo. Pemerintah Desa Ulunambo melaksanakan kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Bantuan Langsung tunai Dana Desa diberikan kepada masyarakat terdampak covid 19. Salah satu Damapak yang sangat dirasakan masyarakat saat ini adalah dampak ekonomi yang disebabkan dengan adanya pembatasan ruang masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga terjadi banyak masyarakat kehilangan mata pencaharian atau menurunya nilai jual hasil pertanian dan hasil laut, serta tingginya kebutuhan hidup yang menyebabkan daya beli masyarat menurun bahkan untuk membiayayi kebutuhan dasar masyarakat sangat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pemerintah Lewat Kementrian Desa daerah tertinggal dan transmigrasi mengeluarkan kebijakan agar Dana Desa digunakan untuk bantuan lansung tunai (BLT) Untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat Desa yang terdampak. Salah satu Desa dikecamtan  kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara Provinsi Sulawesi tenggara yaitu Desa Ulunambo dengan jumlah pemanfaat atau penerima BLT sebanyak 80 Kepala Keluarga dan sudah disalurkan tahap III.  

Mayoritas penduduk Desa Ulunambo bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan, menurut amatan kami dilapangan masyarakat tetap beraktifitas seperti biasa hanya saja hasil-hasil pertanian sangat turun nilai jualnya. Contoh harga kopra sebelum pandemi berharga dikisaran 7500 sd 9500/kg dan sekarang tinggal kisaran 4500 sd 5500/kg begitu juga hasil tangkapan nelayan sebelum pandemic harga abalon dikisaran 600.000/kg dan sekarang turun menjadi 100.000/kg bahkan gurita dan ikan hanya bisa dijual pasaran lokal saja dengan harga sangat rendah. Dengan adanya bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT DD) masyarakat cukup terbantu untuk memenuhi kebutahan masyarakat. Kepala Desa Ulunambo Jumardin.SSos Dalam sambutanya pada acara penyerahan BLT Tahap III menyampaikan agar BLT yang diberikan agar dimanfaatkan sebaik-sebaiknya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kegiatan penyaluran BLT DD Desa Ulunambo Turut dihadiri oleh Babinkamtibmas, Pendamping Desa dan Tokoh Masyarakat.



Budiman Lampoku
Ulunambo, 7 Juli 2020