Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Rabu, 15 Juli 2020

P3MD Butur Laksanakan Rakor Kabupaten


bu 15 Juli 2020, bertempat di Aulan Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara, P3MD Kabupaten Buton Utara melaksanakan kegiatan rakor Kabupaten. Kegiatan rakor Kabupaten ini merupakan kegiatan bulanan dari P3MD Kabupaten Buton Utara. Dalam rakor Kabupaten, P3MD Kabupaten Buton Utara melakukan evaluasi terkait progres pelaksanaan pembangunan serta mengevaluasi hambatan pelaksanaan kegiatan dilapangan.

Pada pelaksanaan rakor Kabupaten P3MD Kabupaten Buton Utara di hadiri oleh seluruh untur tenaga ahli, Pendamping Desa, Pendamping Desa Infrastruktur dan Pendamping Lokal Desa seKabupaten Buton Utara. Berdasarkan laporan  progres dari masing masing kecamatan   Terkait dengan kegiatan penyaluran BLT Dana Desa yang disampaikan oleh masing-masing Koordinator Kecamatan, tiga Kecamatan yang ada di Kabupaten Buton Utara sudah tuntas 100% penyalurannya. 10 Desa lainnya yang ada di Kabupaten Buton Utara masih dalam proses penyaluran. Terkait dengan pekerjaan fisik, sisa 1 Kecamatan yang belum sama sekali melaksanakan pekerjaan fisik, yaitu Kecamatan Kambowa.


Dalam sambutannya dihadapan para Pendamping Desa se Kabupaten Buton Utara, Kepala Bidang Pemerintahan Desa yang mewakili Kepala  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buton Utara mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat Desa harus melibatkan multi aktor. Dinas PMD Kabupaten memiliki kesibukan yang sangat banyak sehingga dengan adanya pendamping Desa, pelaksanaan pembangunan Desa bisa berjalan lebih baik lagi. Diera good governance, dalam pembangunan menghendaki keterlibatan multi aktor dan semakin banyak aktor yang terlibat, peluang suksesnya pelaksanaan pembangunan diDesa akan semakin nampak. Kami Dinas Pemberdayaan dan pembangunan Desa Kabupaten Buton Utara menghendaki agar dalam pelaksanaan pembangunan pada tingkat Desa khususnya berkaitan dengan anggaran Dana Desa (DD) tetap jalan bersama. Kami dari Dinas akan melakukan penguatan terhadap kerja teman-teman pendamping. Kalau ada persoalan yang ada di Desa terkait dengan sikap tidak kooperatif dari Kepala Desa silahkan sampaikan ke Kami (Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa Kabupaten Buton Utara) agar kami tindak lanjuti.

Dalam materi yang di sampaikan olel TA PED Kabupaten Buton Utara menyampiakan bahwa    kementrin Desa Pembangunan Desa tertinggal dan transmigrasi meminta kepada seluruh Bumdes yang ada harrus registrasi pada Aplikasi yang sudah di siampakan dan dalam proses registrasi Bumdes  yang ada dalam wilayah kabupaten buton utara bisa di selesaikan dalam jangka waktu yang sangat cepat sehingga mendapat apresiasi dari satker P3MD propinsi sulawesi tenggara. Menjadi kebanggaan Bagi P3MD buton utara setelah mendapat Apresiasi. Materi lanjutan yang disampaikan oleh TA ID Kabupaten Buton utara terkait degan Progres Laporan sarana dan Prasarana kegiatan desa fersi Aplikasi sipede masih sangat minim meski pada kenyataan lapangan capaaian progres lapangan sudah sangat signifikan maka dari itu diharapkan kekompakam Tim di masing – masing kecamatan untuk meggenjot inputan data agar sesuai progres lapangan dan progres data laporan dalam Aplikasi Sipede.

 

Lipu,15 Juli 2020