Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Kamis, 16 Juli 2020

Kecamatan Kulisusu Laksanakan Pelatihan eDMC

Untuk mempermudah pengendalian dan penanganan penyebaran virus covid 19, Pemerintah Desa se Kecamatan Kulisusu mengadakan pelatihan elektronik Desa Melawan Covid 19. Pelaksanaan kegiatan pelatihan aplikasi eHDW  dilaksanakan di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara 16 Juli 2020. Pelatihan eDMC mengharuskan pemerintah Desa untuk melakukan pengadaan HP, minimal HP android 5. Pengadaan HP android merupakan anjuran dari kementrian Desa. Tidak semua operator yang dipercayakan untuk mengoperasikan aplikasi eDMC memiliki HP android. Hal ini merupakan kendala yang dialami di Desa, sementara penginputan data eDMC   diinput melalui HP minimal HP android 5.

Kegiatan pelatihan eDMC seKecamatan Kulisusu di Buka oleh Sekretaris Camat Kulisusu. Dalam sambutannya, Sekretaris Camat Kulisusu mengatakan bahwa saat ini kita berada pada era digital 4,0, kita tidak bisa terlepas dari penggunaan teknologi yang berkembang dengan pesat. Pemanfaatan digitalisasi dalam aplikasi eDMC mempermudah pemerintah desa dalam melakukan pemantauan terhadap pergerakan masyarakat di Desa seperti penduduk yang pindah atau masuk. Mempermudah pemantauan terhadap penduduk yang rentan termasuk orang yang kehilangan pekerjaan dan mengalami penurunan pendapatan akibat dari covid 19. Lebih lanjut beliau mengungkapkan bahwa program eDMC harus dipahami oleh aparat yang ditugaskan oleh Kepala Desa.

Operator yang ditugaskan untuk mengikuti pelatihan eDMC sangat antusias dalam mengikuti pelatihan eDMC. Dari total 16 Desa seKecamatan Kulisusu, semua Desa mengutus perwakilan untuk mengikuti pelatihan eDMC. Kendala terkait dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan adalah adanya gangguan pada jaringan. Data eDMC harus diinput secara online melalui aplikasi eDMC19. Setelah menunggu beberapa waktu, jaringan kembali normal dan peserta bisa melanjutkan pelatihan terkait eDMC.

Harapannya, dengan selesainya pelatihan aplikasi eDMC, pemerintah Desa seKecamatan Kulisusu bisa menginput data baik laporan mingguan, laporan bulanan dan laporan triwulan. Operator yang ditugaskan untuk menginput data eDMC agar selalu mengupdate data baik melalui laporan mingguan, laporan bulanan maupun laporan per triwulan. Data eDMC juga bisa dipantau oleh DPMD lewat server eDMC sehingga hal-hal terkait dengan kegiatan penanganan covid 19 bisa dikontrol oleh pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.  





Lipu, 16 Juli 2020