Selamat Datang

Mencoba Melukis Makna Dalam Deretan Aksara

Jumat, 03 Juli 2020

Kecamatan Kulisusu Barat Pelatihan Aplikasi Melawan Covid




Sejak pemerintah mengumumkan penemuan dua kasus covid 19 di tanah air, hingga saat ini, kasus positif corona virus meningkat dengan pesat. Hingga saat ini, jumlah kasus positif kasus corona virus sudah sebanyak 60.695. Jumlah pasien yang sembuh dari corona virus sebanyak 27.568. Pasien corona virus yang meninggal sebanyak 3.036. Angka tersebut semakin bertambah baik yang positif terinfeksi, pasien yang sembuh maupun pasien positif corona virus yang meninggal.

Guna melawan penyebaran corona virus, pemerintah meluncurkan aplikasi Desa melawan covid. Aplikasi ini diperuntukan bagi pemerintah Desa seluruh Indonesia untuk melakukan pendataan maupun pemantauan terhadap kondisi Desa diseluruh tanah air. Untuk memudahkan proses pelaksanaan aplikasi eDMC, pemerintah melakukan TOT kepada TPP maupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa agar bisa melakukan pelatihan kepada pemerintah Desa terkait aplikasi eDMC.

Bertempat di aula Balai Desa Kasulatombi Kecamatan Kulisusu Barat Sabtu 27 Juni 2020,. Utusan masing-masing Desa seKecamatan Kulisusu Barat mengikuti pelatihan aplikasi eDMC (elektronik Desa Melawan Covid). Setiap Desa diwakili oleh satu orang aparat Desa yang yang di tunjuk oleh kepala Desa dan memiliki tugas untuk melakukan penginputan data yang berkaitan dengan corona virus maupun data dasar masing-masing Desa seperti jumlah penduduk dan lain sebagainya.

Aplikasi elektronik Desa Melawan Covid memudahkan pemerintah dalam melakukan pemantauan terhadap kondisi masyarakat Desa. Didalam aplikasi eDMC tersebut data migrasi penduduk baik yang masuk ke Desa maupun yang keluar Desa akan terpantau. Selain itu jumlah kelompok usia, warga yang memiliki riwayat penyakit kronis dan lain sebagainya bisa dipantau dalam apliasi eDMC. Data dalam aplikasi eDMC akan diperbaharui setiap minggu, ada laporan bulanan maupun laporan per tiga bulan. Masyarakat sangat berharap bahwa adanya aplikasi eDMC akan membuat mempermudah masyarakat dalam memudahkan pemantauan terhadap corona virus


Lipu 3 Juli 2020